Sekarang ia mungkin cuman jadi ‘seonggok’ besi tua. Sudah 3 tahun lebih dia cuman ‘mangkrak’ di garasi rumah i. Umurnya memang udah lebih dari 10 tahun. Awalnya ia jelek banget. Dibuat dari papan kayu multiplex & diberi roda dari plastik bekas gulungan kawat las. Evolusinya berkembang pesat di sekitar 1996-an. Rangka besi, mesin Kawasaki 2 tak, 1 silinder 50cc. Masih tanpa suspensi, transmisi otomatis juga cuman 1 percepatan maju + mundur.
Karena mesin sering gak kuat, diganti dengan yang lebih besar. Robin 4 tak, 1 silinder 150cc. Rangka sama persis, transmisi juga sama, masih tanpa suspensi juga. Sistem kemudinya saat itu sederhana banget, masih 1 : 1.
Evolusi berikutnya dilakukan besar2an. Penambahan grill pengaman kaki, sistem kemudi dengan gigi pembanding, suspensi belakang (meski cuman per & nyaris gak ada pengaruhnya), mesin Toyoco G16ADP, 2 tak, 1 silinder 165 cc, transmisi manual: 3 maju & 1 mundur dgn kopling kering. Semua-nya jadi jauh lebih sip! Tapi umurnya gak panjang. Tahun 2000, waktu kebut2an, i nabrak pagar rumah hingga sasis-nya patah! Terpaksa deh masuk UGD lagi alias masuk bengkel lagi. Gak dinyana, saat itulah saat nyaris akhir dari perjalanannya. Lama banget gak dipake, akhirnya baru dibawa pulang lagi pada 2004. Cuman beberapa kali dipake, mangkrak lagi hingga sekarang. Yahhh… sebelum ancur, dikenang lewat blog aja deh.. Hiks…
Udah sekitar 1 minggu bongkar abis nih kendaraan (coz gak tahu mesti disebut apa, mobil2an kali). Pertama2 bongkar abis mesinnya.. Kondisi masih standar abis, mulus n asal hidup. Karburator standar cuman 20mm, jelas gak mumpuni, solusinya diganti karbu 26mm berikut membran assy-nya.
Gearbox gak luput diprotolin juga, kondisi masih mulus, tinggal bersihin & cuman perlu ganti 1 bearing doang. Kelar dirakit, mesin langsung diidupin. Jreng! Langsung idup! Stel dikit, dah enak, matiin, langsung dibungkus. Lho kok? Iya, nih mesin langsung disegel lagi coz gak langsung dipake, mesti disimpen dulu, mungkin beberapa bulan lagi baru dipake lagi.
Sekarang lagi ribet nge-rancang kaki2 alias suspensi buat nih mobil2an coz aslinya ‘rigid’ alias gak pake suspensi, so jalannya mental2! Bikin sakit pinggang. Sementara ini sketsa buat suspensi depan dah ada, tinggal dibuat. Untuk yang belakang masih sibuk nyari sistem penerus daya-nya, belum ketemu yang simpel & pas, moga2 minggu2 sepan dah bisa ketemu.
Selain itu kendalanya ada pada dana, ampe sekarang aja udah keluarin sekitar 500 ribu buat perubahan2 kecil & uji coba. Kalo kelar semua diperkirakan abis sekitar 2 juta-an coz masih mesti beli ban dalam (4), kaliper rem depan, brake hose, kampas rem belakang, karpet, jok, kabel2, saklar2, aki, bearing & beberapa material lainnya diluar gardan yg rencananya ambil punya motor roda 3 keluaran Tossa, itupun kalo ada yg jual gardannya aja. Tunggu aja deh lanjutannya...
Karena mesin sering gak kuat, diganti dengan yang lebih besar. Robin 4 tak, 1 silinder 150cc. Rangka sama persis, transmisi juga sama, masih tanpa suspensi juga. Sistem kemudinya saat itu sederhana banget, masih 1 : 1.
Evolusi berikutnya dilakukan besar2an. Penambahan grill pengaman kaki, sistem kemudi dengan gigi pembanding, suspensi belakang (meski cuman per & nyaris gak ada pengaruhnya), mesin Toyoco G16ADP, 2 tak, 1 silinder 165 cc, transmisi manual: 3 maju & 1 mundur dgn kopling kering. Semua-nya jadi jauh lebih sip! Tapi umurnya gak panjang. Tahun 2000, waktu kebut2an, i nabrak pagar rumah hingga sasis-nya patah! Terpaksa deh masuk UGD lagi alias masuk bengkel lagi. Gak dinyana, saat itulah saat nyaris akhir dari perjalanannya. Lama banget gak dipake, akhirnya baru dibawa pulang lagi pada 2004. Cuman beberapa kali dipake, mangkrak lagi hingga sekarang. Yahhh… sebelum ancur, dikenang lewat blog aja deh.. Hiks…
Udah sekitar 1 minggu bongkar abis nih kendaraan (coz gak tahu mesti disebut apa, mobil2an kali). Pertama2 bongkar abis mesinnya.. Kondisi masih standar abis, mulus n asal hidup. Karburator standar cuman 20mm, jelas gak mumpuni, solusinya diganti karbu 26mm berikut membran assy-nya.
Gearbox gak luput diprotolin juga, kondisi masih mulus, tinggal bersihin & cuman perlu ganti 1 bearing doang. Kelar dirakit, mesin langsung diidupin. Jreng! Langsung idup! Stel dikit, dah enak, matiin, langsung dibungkus. Lho kok? Iya, nih mesin langsung disegel lagi coz gak langsung dipake, mesti disimpen dulu, mungkin beberapa bulan lagi baru dipake lagi.
Sekarang lagi ribet nge-rancang kaki2 alias suspensi buat nih mobil2an coz aslinya ‘rigid’ alias gak pake suspensi, so jalannya mental2! Bikin sakit pinggang. Sementara ini sketsa buat suspensi depan dah ada, tinggal dibuat. Untuk yang belakang masih sibuk nyari sistem penerus daya-nya, belum ketemu yang simpel & pas, moga2 minggu2 sepan dah bisa ketemu.
Selain itu kendalanya ada pada dana, ampe sekarang aja udah keluarin sekitar 500 ribu buat perubahan2 kecil & uji coba. Kalo kelar semua diperkirakan abis sekitar 2 juta-an coz masih mesti beli ban dalam (4), kaliper rem depan, brake hose, kampas rem belakang, karpet, jok, kabel2, saklar2, aki, bearing & beberapa material lainnya diluar gardan yg rencananya ambil punya motor roda 3 keluaran Tossa, itupun kalo ada yg jual gardannya aja. Tunggu aja deh lanjutannya...
No comments:
Post a Comment