Dari kemaren sibuk protolin mesin potong rumput, Briggs & Startton. Maklum abis dipaksa kerja extra, babat abis rumput setinggi 15cm lebih di lapangan seluas sekitar 1500m2. Gas mentok terus, bensin abis 3 liter lebih dikit. Berhubung udah 1 tahun lebih gak pernah diservis, sekalian deh… Eh ternyata bongkarnya simpel banget! Meski ni mesin 4 tak, bongkarnya segampang mesin 2 tak.
Boro2 ada kesulitan, blas gak ada! Copot sana, copot sini langsung kebuka semua deh. Jangan harap ‘ribet’ seperti kalo bongkar punya sepeda motor 4 tak, ini mesin dirancang super simpel namun ‘badak’ alias tahan banting supaya perawatannya mudah, murah & minim. Kalo cuman buat bersihin kerak di ruang bakar, cukup buka 7 baut kepala silinder, langsung keliatan piston & katup-nya, konstruksi kepala silindernya persis mesin 2 tak. Lho? Iya, katup masuk & buang bukan di kepala silinder, tapi di samping piston (sejajar piston), aneh ya...Mo copot klep alias katup masuk or buang? Gak usah repot. Cukup lepas 2 baut milik tutup klep, ‘cukit’ dikit pake obeng min, langsung lepas! Jangan bayangkan seperti melepas milik mesin 4 tak sepeda motor, beda banget, jauh lebih simpel.Kehebatannya nggak berhenti sampai disitu, kalo di mesin konvensional kem (cam shaft) ada di kepala silinder, di mesin berkapasitas 150cc ini kem-nya ada di ‘crank case’ alias di ruang kruk as (crank shaft), jadi mirip kayak mesin truk or mobil jaman dulu. Bukan cuman itu, kem ini langsung diputar oleh kruk as dengan perantara roda gigi, bukan rantai, dan seluruh bagian kem hingga roda giginya dilapis oleh molybdendum supaya minim gesekan!Buat lepas setang piston dari crankshaft juga gak ribet, tinggal buka 2 baut pengikat setang di crankshaft, sama dengan punya mesin mobil. Blok silinder ‘ditanam’ jadi satu dengan ‘crank case’, bahan dari aluminium. Yang paling keren, karburator-nya. Jangan harap ada kandungan logam-nya! Terbuat 100% dari plastik, tanpa pelampung ato piston skep. Leher angsa-nya memiliki panjang 15cm.
Pokoknya bongkar nih mesin bener2 lucu deh… Mesin 1 silinder, 150cc dengan tenaga 3,5 hp ini isinya dikit banget & kesannya ringkih, tapi kok bisa hidup ya? Dan harus diakui juga, nih mesin ‘badak’ banget, mo dibiarin gak dihidupin 1 minggu, 1 bulan, 2 ampe 3 bulan pun, sekali start langsung hidup & siap diajak tempur! Benar2 mesin BADAK!
Pokoknya bongkar nih mesin bener2 lucu deh… Mesin 1 silinder, 150cc dengan tenaga 3,5 hp ini isinya dikit banget & kesannya ringkih, tapi kok bisa hidup ya? Dan harus diakui juga, nih mesin ‘badak’ banget, mo dibiarin gak dihidupin 1 minggu, 1 bulan, 2 ampe 3 bulan pun, sekali start langsung hidup & siap diajak tempur! Benar2 mesin BADAK!
No comments:
Post a Comment