Beberapa hari ini sibuk utak-atik Mio yg i beli belum genap 3 bulan. Bukan keinginan i buat ganti dari Jupie MX ke Mio, jujur i gak suka Mio. Bagi i bodinya kurang besar, kurang berat, kurang kencang & yg paling parah adalah performa dibanding konsumsi BBM parah banget (dengan kata lain udah boros gak bisa lari!)… Tapi mau gimana lagi. Tuntutan dari atas! (gak usah dibahas deh……).
So, diam2, ‘penyakit’ doyan oprek mesin sedari dulu kambuh lagi! Sukur kantong lagi tipis (lho?), jadi oprekan gak ampe macem2. Ooooooo….. I cuman pengen tarikan bawah – tengah jauh lebih bertenaga tapi masih enak dipake harian & gak ada bedanya kalo dilihat dari luar. I putuskan bore up, ganti koil & busi yg lebih bagus, port polish serta seting karburator. Cuman itu? Yoi…
Silinder terpaksa harus ganti, beli baru, besarin ampe bisa nampung piston diameter 58,5 mm. Jangan tanya piston punya apa coz i gak tau, yg penting besar pen piston & tingginya sama langsung comot! Blarrr… kapasitas langsung meledak jadi 155,5 cc dari standar yg cuman 113,7 cc, dengan kata lain naik 41,8 cc! Wow!
Cuman i gak berniat besarin klep ato cylinder head apalagi ampe ganti knalpot. Mahal & lama. Jadi cukup port polish aja buat saluran masuk & buang-nya, kerjain ndiri di rumah semaleman, bikin halus biar aliran gas masuk & buang makin lancar. Camshaft gak diutik, setelan celah katup juga masih dalam range standar pabrikan 0,08 in & 0,1 ex.
Oya, biar mesin gak gampang jebol, kompresi i bikin agak rendah. Angka pastinya i gak tahu coz gak punya alat pengukurnya, cuman i pakai paking blok yg lebih tebal dari aslinya. Kalo kompresi terlalu tinggi buat harian takut gampang jebol, selain susah distarter & minta BBM kualitas super. Konsekuensinya tenaga gak sebesar kalo kompresi dibuat tinggi, tapi buat harian dah lebih dari cukup kok. Selain itu, CDI juga masih dibiarkan standar, bukan tanpa alasan, CDI standar punya limiter putaran mesin biar putaran mesin gak over yg bisa sekali lagi bikin mesin amburadul. Tapi kalo ada CDI dengan kurva pengapian yg lebih advanced juga pakai limiter (selain CDI programable lho, itu pengecualian) mungkin i akan pakai.
Mesin kelar dirakit, pasang koil Blue Thunder & busi Denso U22FS-ZU yg udah diukur lagi kerenggangannya di 0,7 mm. Pasang karburator yg nyaris tidak diutik. Kok main jet kecil? Cuman naik 1 step dari standar? Alasan pertama: gak pernah dipake kebut2an, alasan kedua: mesin mintanya segitu.
Sekarang tenaga di putaran bawah & tengah-nya cukup galak. Jauh banget ama standar, buat di dalam kota aja udah cukup kencang dengan hanya 1/3 bukaan gas. I jadi jarang banget buka gas lebih dari ½. Udah cukup kencang kok. Uniknya, setelah beberapa hari pemakaian, konsumsi BBM bukannya tambah boros, tapi masih biasa aja seperti sebelum diubah.
Yah, ampe sekarang i udah cukup puas. Ama Jupie MX i dulu bisa diadu, meski sebenarnya i masih tetap lebih suka Jupie MX. Eeeeee, ketinggalan, sektor kaki juga dapat upgrade. Meski bukan ganti pelek/rim ato ganti ban, cuman bikin ban bawaan pabrik jadi ‘ala’ tubeless alias gak pake ban dalam. Cukup pasang pentil khusus tubeless, buang ban dalam (dijual maksudnya, red.) lalu isi kembali angin dengan Super Help Tyre Repair (info: www.super-help.com).
Buat kedepan, i masih berencana mau ganti karburator Mikuni 28 Kotak, seting roller & ubah camshaft alias noken as tapi minus knalpot coz i gak suka ganti knalpot, apalagi pake knalpot yg bunyinya kencang… blar.. blar… gak suka banget.
bozz..ask some question..
ReplyDeleteknalpotnya pke apa?
aq uda ada paket bore upnya,cuma kurang knalpot
rencana mau pke muffler Satria F
saran dnk
hoiii....
ReplyDeleteSemuanya standar. Kecuali piston, liner, koil & busi. Saluran masuk & buang cuman di-polish aja. Terakhir pilot jet minta 40 & main jet di 120. Sisanya gak ada yg dirubah, buat harian dah cukup banget (tapi itu tergantung selera lho)....
Posisi terakhir malah karbu minta dibalikin standar. Pilot & main jet standar bawaan dr pabrik. Malah jadi uenakkkk!
ReplyDelete