Monday, February 2, 2009

Pajak...



Tanggal 29 Januari kemarin i & adiknya mama ke kanto r pelayanan pajak. Kesan pertama adalah kantor yg megah, interior mewah & peralatan yg dipakai modern. Pokoknya berkesan kelas atas.

Tapi kesan selanjutnya………………………..

Luar biasa buruk!

Pelayanan lambat & bertele-tele.

Untuk antre beberapa orang aja dibutuhkan waktu berjam-jam!!!!!

Dari 4 konter yg tersedia, hanya 2 yg dibuka! Itupun dengan pelayan alias CS yg terkesan malas & tidak simpatik. Sungguh kesan pertama i ke kantor pelayanan pajak ini benar2 mengecewakan. Tidak ada CS bagian informasi yg jadinya bagi yg membutuhkan informasi atau sekedar bertanya2 harus antre di 2 konter yg dibuka & akhirnya ‘menyulut’ emosi orang2 yg antre dibelakangnya!

Buat apa barang2 mewah & modern yg “ditancapkan” disana? Buat apa slogan2 or semboyan2 seperti: “Kepuasan Anda adalah Kebanggaan Kami” dan beberapa semboyan lainnya ‘dipajang’ di dalam kantor tersebut. Ironis-----------

Ketika ditanyakan kepada petugas konter kenapa pelayanannya lama sekali, jawabannya sangat mengecewakan: “Karena banyak yg mengurus NPWP”….. Lho???? Nggak nyambung?!? Nggak ada hubungannya?!?

Saat itu orang yg antre hanya sekitar 10% dari kapasitas total bangku ato tempat duduk yg disediakan. Ok, jika dengan 10% aja pelayanan udah sangaaaaaatttt lama, gimana kalo pas lagi penuh2nya. Apa harus siap bawa sarapan, makan siang, makan malam, tenda beserta peralatan masak & hiburan (DVD player, TV, Play Station & parabola kalo perlu ato TV kabel?) Untungnya gak perlu bawa toilet temporer, udah ada toilet disana!

Perlu diketahui, di dalam ruangan pelayanan tersebut situasinya cukup nyaman & mewah. Sistem yg digunakan udah canggih, pendingin ruangan cukup banyak, sofa mewah, tempat tunggu nyaman. Tapi berbanding terbalik dengan kualitas pelayanannya. Jujur, bagi i, lebih baik tempat biasa aja tapi pelayanan luar biasa bagus.

Tapi dibalik semua itu i masih menaruh harapan supaya mereka memperbaiki diri & mampu memberikan kualitas pelayanan yg terbaik di masa yg akan datang. Berikan contoh & kesan yg baik agar masyarakat mengikuti / mencontohnya, jangan berharap agar masyarakat berubah jika pihak “atas” tidak memberikan contoh. Berharap…. Berharap…. Berharap… Maju terus kantor pelayanan pajak.

2 comments:

  1. Hahaha aku dulu ke KPP minimal sebulan sekali - en kerjaan para pegawai KPP yg dibayar pake duit pajak itu adalah main game! Mau ada yang ngantre kek, apa kek - sebodo, yg penting tetris masuk hi-score. Mrk kerja beneran cuma bulan2 Feb - Maret waktu lapor pajak akhir taun. Kerja d KPP ae yiukk - setahun kerja cm 2 bulan, lainnya gaji butaaaa! *protes mode on*

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... Nggak ah, kalo i nggak mo kerja disana. Males, banyak ngganggurnya! Nggak sehat main "tetris" seharian! mending kerjaan i sekarang, hasilnya nggak seberapa tapi sehat, olahraga & keliling terus!!! Kadang malah tekor! Hahahaha...

    ReplyDelete