Tuesday, October 27, 2009

Sigma 10-20mm f/4 - 5.6 DC EX HSM



Dapat "senjata" baru, saatnya dicoba! Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM. Dapat lumayan miring harganya. Selisih lebih dari 1,5 juta dari Canon EFS 10-22mm f/3.5-4.5 USM. Soal performa ya jangan dibandingin ama L-series punya Canon yg biasa i pake, jelas nggak adil. Tapi sama sekali nggak mengecewakan koq.

Banyak yang bilang kalo lensa ini nggak bagus. Tapi ya itu tadi, dibandingin ama apa? Kesan pertama pegang, lebih kecil dari bayangan i sebelum beli. Memang lebih besar dari Tamron SP 17-50mm f/2.8 XR Di II yang biasa i pake, tapi lebih kecil dari Canon EFS 10-22mm f/3.5-4.5 USM. Autofocus sangat cepat (nggak kalah ama USM-nya Canon) & konsisten serta sama sekali nggak ada masalah ketika nyari fokus dalam kondisi backlight kuat, seperti menentang matahari misalnya. Hal ini sangat membantu pekerjaan i coz i suka ambil foto dengan backlight kuat. Center sharpness luar biasa tapi optic quality biasa2 aja. 'Penyakit' lensa super wide perlu hati2 ketika meletakkan alias framing obyek, jangan sampai obyek 'hancur' ketika ditaruh di tepi frame, selain itu harus hati2 ketika mem-fokus, harus tepat, jangan main geser2 sembarangan kalo nggak pengen miss focus.
Intinya i bener2 puas dengan lensa ini jika ditinjau dari segi harga : performa. Lumayan murah dengan build quality yang sama sekali nggak mengecewakan.


Target berikutnya apa ya? Hmmmmm........


No comments:

Post a Comment