Monday, February 1, 2010

Huge Moon Halo

 



Barusan aja, sekitar jam 00.30 i kaget pas keluar rumah & melihat ke arah langit.


Lihat bulan? Bintang? Awan?


Tepatnya pas lihat daerah sekitar bulan. Muncul 'halo' yang besar sekali! I nggak pernah lihat yang ampe sebesar ini, biasanya kalau pas udara lagi dingin banget & cuaca cerah memang muncul halo, tapi nggak pernah sebesar ini. Mungkin di daerah tertentu hal ini udah lumrah, tapi dari kecil i nggak pernah melihat dengan mata langsung yang seperti ini. 
Kejadian kali ini bikin i bengong hampir 45 menit sambil melihat ke arah langit terus. Semua lampu di rumah i matikan. I tiduran di tengah lapangan rumah tanpa baju! Nggak peduli nyamuk, nggak peduli rumput basah, nggak peduli dingin.

Ok sekarang penjelasan mengenai fotonya, foto di atas i buat dari gabungan 5 foto. Foto pertama yang paling atas (perhatikan baik-baik, masih terlihat letak sambungan masing-masing foto, sengaja nggak i hilangkan), lanjut terus disambung-sambung ampe yang terakhir yang ada rumahnya. Kelihatan biasa aja? Foto bisa menipu. Coba bayangkan & sebagai gambaran, untuk mengambil foto paling atas i mengarahkan kamera tegak lurus ke atas alias vertikal & yang paling bawah horizontal. Tiap frame i ambil dengan fokal 17mm (1.6x crop factor).

Sekali lagi sebagai gambaran besarnya halo di sekeliling bulan, fokal 17mm pada lensa i (dengan bodi 1.6x crop factor) nggak bisa meng-cover seluruh halo tersebut. Bagi orang yang mengerti fotografi akan mudah membayangkan betapa besarnya halo yang terbentuk malam itu. Benar-benar besar!



Sebagai tambahan, i pakai Canon EOS 450D dengan lensa Tamron SP 17-50mm f/2.8 XR Di II. ISO 100, 4 sec, f/2.8 @ 17mm. 

1 comment:

  1. Aku nggak ngerti fotografi, tapi aku merasa foto ini kerennnnn sekaliiii... menggambarkan sesuatu yang nggak bisa diciptakan oleh manusia *deuu jadi melankolis dehh*

    ReplyDelete