Sunday, January 6, 2008

YPOPs!

Bagi yang demen main email tentu akan cukup terbantu dengan adanya Microsoft Outlook. Buat yang punya akun email di Yahoo.co.id gak masalah, tapi akan jadi masalah buat yang akun email-nya di Yahoo.com (sori, bukan bermaksud apa2, kebetulan i pake cuman di Yahoo.co.id ama Yahoo.com).
Yoi... Yahoo.com nggak punya opsi "akses dan penerusan POP" seperti yang dimiliki Yahoo.co.id sehingga kita gak bisa berbuat apa kecuali anda mendaftar sebagai pelanggan dengan tarif sekitar USD 19/tahun (kalo nggak salah), dengan kata lain, bagi yang mempunyai akun email 'gratis' di Yahoo.com tidak ada pilihan 'akses & penerusan POP' sehingga gak bisa 'diajak kerja sama' bareng Outlook. Tapi gak perlu kecewa dulu, sekarang udah ada aplikasi yang bisa mewujudkannya tanpa membayar alias gratis.
Aplikasi tersebut adalah YPOPs!, anda bisa langsung di download di http://www.ypopsemail.com & langsung menginstalnya di komputer anda. Memang perlu beberapa penyesuaian lagi tapi gak terlalu rumit koq. Ketika mencobanya, langsung berhasil. Intinya, beberapa penyesuaian yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka akun anda dalam Outlook.
  • Pastikan bahwa anda telah memilih POP3 sebagai tipe server.
  • Ubah “incoming mail server” dan “outgoing mail server” dengan: 127.0.0.1
  • Ubah “server timeout” menjadi “long (10 minutes)” = ada dalam menu ”more setting” - “advanced”.
  • Pastikan bahwa anda telah memilih “my outgoing server (SMTP) requires authentication” dan “use same settings as my incoming mail server” = ada dalam menu “more setting” - “outgoing server”.
  • Lanjutkan & selesai.

Seharusnya, sekarang anda telah bisa terhubung dengan Yahoo.com dan mulai menerima / mengirimkan pesan anda. I tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan / dikarenakan penggunaan aplikasi ini. I hanya memberikan informasi saja. Selamat mencoba, untuk panduan lebih jelas, bantuan & keterangan lebih lanjut silahkan langsung ke: http://ypopsemail.com/index.php?name=Sections&req=viewarticle&artid=18&page=1.


Sumber: http://www.ypopsemail.com

No comments:

Post a Comment