Monday, August 13, 2007

True Constant Garderner

Dalam hidup anda, berapa banyak dari semua orang yang anda kenal yang mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk melakukan sesuatu (pekerjaan) benar2 dengan segenap hidup dan hatinya? Atau, berapa lama anda bisa bekerja dalam sehari? 10, 12, 14 jam? Dalam sebulan??
Saya mengenal seseorang yang bangun pukul 5 pagi setiap hari, menyiapkan sarapan, membersihkan rumah lalu mulai berkebun. Ya, berkebun. Bukan 2 atau 3 jam dalam sehari, tapi lebih dari 14 jam sehari termasuk hari minggu! Tidak ada kata libur! Dari pagi buta hingga tengah malam, terkadang hingga pukul 1 dini hari jika tidak diingatkan! Umurnya genap 50 tahun beberapa hari lagi, tapi kebiasaannya setiap hari mengurus kebun bunga dan beberapa pohon2 besar di tanah seluas sekitar 2000m2 membuatnya tetap bugar & nyaris tidak pernah sakit. Tidak dibayar, mengurus segala jenis perawatan mulai menyiram bunga (lebih dari 200 pot besar dan kecil), memindah pot, menyapu hingga memotong pohon setiap hari tanpa libur.
Jika dalam 1 hari rata2 sekitar 12 jam berkebun maka berarti 84 jam/minggu, 252 jam/bulan atau paling tidak 3000 jam/tahun! Belum pernah saya melihat seorang tukang kebun seperti dia. Dialah ibu saya.

No comments:

Post a Comment