Tuesday, October 16, 2007

Flying Joybook !

Bagi pemakai laptop keluaran Benq pasti tahu dengan Joybook. Ya, itu merupakan salah satu varian laptop keluaran Benq. Bukan mau promosi disini tapi ini memang benar2 terjadi. Joybook T31 milik saya yang saya beli seharga 8,8 juta (saya upgrade memori jadi 2GB & win xp original) sekitar 8 bulan lalu mengalami "kecelakaan" fatal. Laptop saya terbang dari ketinggian sekitar 1,3 meter dengan kecepatan sekitar 30 kpj, terhempas keras ke aspal tanpa pelindung apapun (tas, plastik, dsb) dari atas motor saya. Hebatnya (tapi sebel nih!) ia harus jatuh duluan tepat di pojok kiri depan (tempat hardisk!!!!) sebelum kemudian terlentang dan terseret dalam keadaan terbalik (bagian layar dibawah)!
Saat terjatuh reaksi saya cuma bisa pasrah! Tidak percaya, sekaligus kaget. Tapi untuk seseorang yang baru menghancurkan salah satu benda paling berharga miliknya, saya tergolong tenang saat itu. Saya tidak berteriak, jantung saya tidak berdebar2 kencang & sebenarnya jika harus rusak, saya berharap setidaknya hardisk jangan ikut rusak sebab buaaannnyyyaaakkk data2 penting milik saya didalamnya.
Casing bagian kiri depan pecah atau lebih tepatnya 'rompal' (untung pecahannya ketemu), casing belakang layar (atas) baret2 nggak karuan juga agak kebuka sehingga ada kabel yang keluar, selebihnya bisa dikatakan masih utuh!
Kabar bahagianya, dari kemungkinan lebih dari 90% jika laptop jatuh pasti mati, apalagi jika terjun bebas, begitu dihidupkan laptop saya langsung bekerja normal seperti tidak terjadi apapun! Ia baru saja mengambil peluang yang 10% itu alias selamat!
Lega rasanya meskipun saya terlebih dahulu harus melakukan serangkaian pengecekan menyeluruh terhadapnya. Mulai dari pengecekan fisik dengan menghidupkannya lalu mendengarkan dengan seksama jika ada suara2 diluar biasanya, cek hardisk dari kemungkinan bad sector atau masalah lainnya, hingga pengecekan apakah terjadi penurunan kinerja atau apakah ada gejala kelainan ketika bekerja dengan menjalankan program2 dan menghidupkannya terus dengan beban penuh hingga baterai habis. Sekali lagi, hebatnya, tidak ada masalah sama sekali. Semuanya seperti sebelum terjadi kecelakaan. Bahkan suara kelainan di hardisk (saat pertama kali dihidupkan setelah jatuh terdengar ada sedikit bunyi dengung) malah tidak ada lagi setelah beberapa kali pemakaian.
Meskipun senang, tapi saya masih heran bagaimana hardisk bisa selamat dari kejadian seperti itu mengingat saya punya pengalaman menghancurkan hardisk 2 kali dengan menjatuhkannya dari ketinggian 40 cm pada kecepatan 0 kpj, ya, nol kilometer per jam. Tepatnya ia jatuh dari atas kasur ke lantai!
Sampai detik ini masih tidak ada masalah apapun (semoga seterusnya juga tidak ada masalah he3...). Saya masih memakainya seperti biasa sebagai pengganti PC saya, dibawa keliling2 dalam kondisi panas atau hujan tanpa pandang bulu, sering dihidupkan lebih dari 12 jam sehari juga buat main game. Saya bersyukur sekali ia berhasil "survive" sebab dengan begitu saya jadi bisa posting lagi (",).

No comments:

Post a Comment